Ada yang Berbeda dalam Kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi. Riau

By balihut 29 Mar 2017, 01:32:11 WIB

Ada yang Berbeda dalam Kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi. Riau

Keterangan Gambar :


BP2TSTH (Rohil, 07/11/2016)_Kegiatan reses merupakan agenda rutin anggota dewan dalam mendengarkan keluhan masyarakat di wilayah pemilihannya. Namun hal yang berbeda dilakukan oleh Ir. Siswaja Muljadi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau ini. Kegiatan reses yang dilakukan di kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir ini terlihat berbeda dan menarik karena adanya kolaborasi antara sosialisasi dengan pelatihan.

“kegiatan reses ini dikemas dengan bimtek untuk mengedukasi masyarakat bahwa dewan datang bukan untuk membagikan uang, sehingga sebagai dedikasi saya untuk masyarakat di Rokan Hilir adalah dengan memberikan pancing, bukan ikan,”kata Siswaja Muljadi yang lebih akrab disapa Aseng ini.

Adapun materi sosialisasinya adalah Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 6 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Sedangkan materi pelatihan atau Bimbingan Teknis (bimtek) nya adalah Budidaya Lebah Madu dengan menggaet Tim Perlebahan Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH ).

Pada kesempatan tersebut, BP2TSTH menugaskan peneliti dan teknisi yang terlibat dalam kegiatan penelitian perlebahan. Peneliti yang ditugaskan sebagai narasumber adalah Avry Pribadi, S.Si, sedangkan teknisi yang bertugas sebagai instruktur adalah Eko Sutrisno, S.P., M.Si., Syasri Jannetta, S.P., dan Suhendar. Materi yang disampaikan terdiri dari biologi lebah, peralatan budidaya, tanaman pakan dan teknik pemanenan.

“Bimtek kali ini lebih menitik beratkan pada penajaman edukasi masyarakat untuk bisa bangkit dengan memanfaatkan potensi alam sekitar. Komoditi perlebahan merupakan sumberdaya alam yang tersedia dalam jumlah tak terbatas, tinggal bagaimana masyarakat mampu mengelola secara berkesinambungan dan lestari,”kata Avry

Di sisi lain, Syasri Janetta menyatakan bahwa cara untuk mendapatkan lebah dengan modal paling minimalis adalah dengan berburu di alam.

“Teknologi glodog bisa dimanfaatkan untuk metode berburu,”kata Syasri.

Kegiatan reses yang dilaksanakan di Aula Kepenghuluan Teluk Bano II ini dihadiri oleh kurang lebih 80 orang yang merupakan perwakilan dari kepenghuluan yang ada di Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir.

“Kegiatan ini dirasakan cukup berdampak positif dikarenakan langsung mengena pada sasaran/target pengguna. Paparan yang disampaikan dikemas oleh narasumber dan instruktur secara sederhana agar mampu dipahami oleh masyarakat menengah kebawah. Konsep praktek dominan dirasakan agar secara faktual bisa dicermati dan diingat lebih lama oleh masyarakat,”kata Dedy Rahmanto, S. Hut., M. Dev., Kepala Seksi Data Informasi dan Sarana Penelitian BP2TSTH,.

“Semoga kolaborasi ini berjalan secara berkesinambungan di masa mendatang sehingga mandat diseminasi hasil penelitian bisa langsung dirasakan oleh masyarakat dan berkontribusi terhadap perbaikan kesejahteraan rakyat,”pungkas Dedy. ***ESR/DR.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Grutty 16 Jun 2017, 00:08:50 WIB

    Terima kasih atas berita dan informasinya, sangat banyak manfaatnya pak..
    di tunggu updatenya :)
    Salam kami :
    https://gruttyshoes.tumblr.com/ | https://1x.com/member/Grutty/about/

    Pakar SEO 04 Sep 2017, 18:25:15 WIB

    Terima Kasih Info Yang bermanfaatnya Mas... semoga makin rame dan sukses selalu :)
    http://www.seo-41.webself.net/

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • hery

    Thanks for all, hope it could be better next time... ...

    View Article
  • Cuci Sofa

    Salam kenal untuk pemilik webnya. Kontennya bagus banget. ...

    View Article
  • Revistas

    The blog or and best that is extremely useful to keep I can share the ideas of ...

    View Article
  • My Journal

    This content is very good, I like the item completely. In this article When i ...

    View Article