Diskusikan Teknis Penanaman Massal, PWI Kampar Sambangi BP2TSTH

By Sutomo Dardi 02 Mar 2021, 11:39:27 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Diskusikan Teknis Penanaman Massal, PWI Kampar Sambangi BP2TSTH

Keterangan Gambar : Kepala Balai BP2TSTH Priyo Kusumedi (masker putih) dan Ketua PWI Kab. Kampar Akhir Yani (Kanan) berdiskusi di Dangu Inspirasi.


Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kamis Pagi sekitar Pukul 10.30 menerima kunjungan dari organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar. Menyambut langsung Kepala BP2TSTH beserta jajaranya di halaman kantor yang seterusnya dibawa ke Dangu Inspirasi untuk berdiskusi terkait hal ikhwal maksud kedatangan PWI Kabupaten Kampar ini.

Priyo Kusumedi, S.Hut,M.P, menyampaikan selamat datang dan ucapan terimakasih telah dikunjungi dan dijadikan sebagai rujukan teknis. “Rekan-rekan PWI ini adalah rumah kedua kami, di tempat ini lah rekan-rekan peneliti dan teknisi bekerja guna menambah khasanah keilmuan melalui eksperimen mereka. Semoga maksud kedatangan dari rekan-rekan semua akan terakomodir nantinya” ungkap Priyo.

Menanggapi hal tersebut, Ketua PWI Kabupaten Kampar, Akhir Yani menjelaskan maksud kedatangan mereka ke BP2TSTH pada hari guna menyukseskan kegiatan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2021. “Kunjungan kami kesini dalam rangka mendiskusikan hal teknis untuk kegiatan penanaman massal lingkup PWI Kabupaten Kampar beserta permohonan penyediaan bibit untuk mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut” jelas pria yang akrab disapa Yani ini.

“Kegiatan tersebut direncanakan akan diselenggarakan di Kecamatan Koto Kampar Hulu yang merupakan bagian dari DAS Kampar. Kegiatan kami lakukan sebagai sumbangsih para wartawan dan upaya menumbuhkan kecintaan lingkungan kepada insan pers. Sebelumnya kami juga mengucapkan terimakasih telah diterima dengan baik dan disuguhkan dengan konsep outdoor yang nyaman ini” tambahnya.

Selain rencana penghijauan di beberapa lokasi, PWI Kampar juga berencana untuk menyeleanggarakan press tour di BP2TSTH Kuok agar hasil litbang daan wisata ilmiah yang ada saat ini bisa dikenal oleh masyarakat.

 “Disamping press tour yang akan dilaksanakan pada akhir bulan ini, kami berencana akan mengadakan diskusi outdoor dengan DPR RI dengan PWI Riau di Taman Diskusi Selulosa BP2TSTH yang sangat representatif untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tutup Yani

BP2TSTH sebelumnya telah beberapa kali melakukan penanaman massal lingkup balai yang meliputi jalur hijau ring road Kampar, demplot koleksi tanaman langka, demplot reklamasi dan rehabilitasi lahan hingga pengayaan komposisi tegakan. Pengalaman penyelenggaraan kegiatan tersebutlah yang akan menjadi informasi teknis kepada PWI yang hadir tersebut.

Kembali Priyo menegaskan, untuk teknis kegiatan penanaman massal perlu diperhatikan karakteristik lahan, sehingga jenis yang akan ditanam akan sesuai . “Selain jenis pohon yang akan disesuaikan dengan karakteristik lahannya, perlu juga diperhatikan pemanfaatan jangka panjang pada areal yang ditanami tersebut. Jangan sampai apa yang kita tanam sebatas seremonial saja” tegas pria yang memimpin BP2TSTH setahun silam ini.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook