Dukungan IPTEK BP2TSTH Kuok dalam Gerakan Tanam Serentak Pohon Andalas (GERTAK ANDALAS)

By andhika 14 Okt 2019, 08:33:24 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Dukungan IPTEK BP2TSTH Kuok dalam Gerakan Tanam Serentak Pohon Andalas (GERTAK ANDALAS)

Keterangan Gambar : Suasana rapat di Dinas LHK Sumatera Barat


BP2TSTH (Padang, 01/02/2019)_Bertempat di ruangan rapat Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, diadakan rapat persiapan dan pembahasan program “Gertak Andalas”. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat dan dihadiri oleh BP2TSTH Kuok, BPDASHL Indragiri Rokan, BPDASHL Agam Kuantan, BKSDA Sumatera Barat, PT Semen Padang, Litbangda Provinsi Sumatera Barat dan instansi terkait lainnya.

Dalam rapat tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera

Barat menyampaikan salah satu program inovasi unggulan yang akan mereka lakukan yaitu Program “Gertak Andalas”. Dalam program tersebut akan dilakukan penanaman jenis Andalas di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat.

“Andalas merupakan flora identitas Sumatera Barat yang ironisnya tidak banyak masyarakat Sumatera Barat yang mengetahui pohon andalas tersebut, melalui kegiatan ini diharapkan pohon Andalas yang sudah mulai langka bisa dengan mudah dijumpai oleh masyarakat sekaligus sebagai edukasi bagi generasi selanjutnya”, kata Ir. Siti Aisyah, M.Si., selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat saat menyampaikan paparannya.

Pada gerakan ini, akan dilakukan pembagian bibit Andalas dan penanaman di ruas jalan protokol kota Padang serta pemasangan papan informasi tentang pohon Andalas khususnya yang ditanam di halaman kantor pemerintahan dan swasta.

Dalam rapat tersebut juga diketahui berbagai penyebab langkanya pohon Andalas, mulai dari musim berbuah yang tidak tentu, bunganya yang majemuk dan berumah dua jantan dan betina yang tidak berada dalam satu pohon, ketinggian tempat tumbuh sampai tingkat keberhasilan dalam pembibitan yang kecil. BP2TSTH Kuok yang sudah berhasil melakukan pembibitan Andalas diminta untuk memberikan dukungn IPTEK tanaman Andalas

Mochlis, S.Hut.T.,MP, Kepala BP2TSTH Kuok menyambut baik kegiatan tersebut dalam rangka melestarikan jenis tanaman Andalas sebagai flora identitas Sumatera Barat dan siap berperan dalam memberikan dukungan IPTEK Andalas tersebut.

“BP2TSTH Kuok telah melakukan penelitian terkait Andalas sejak tahun 2015-2018 dan telah diperoleh informasi sebaran pohon Andalas serta menguasai teknik-teknik budidayanya”, tambah Mochlis.

Sebagai langkah awal program Gerakan Tanam Serentak Andalas akan diperkenalkan pada Hari Lingkungan Hidup bulan Juni 2019, dengan cara melakukan penanaman di Kantor Pemerintahan yang ada di Kota Padang. Di akhir kegiatan Kepala BP2TSTH memberikan secara simbolis dua bibit Andalas untuk dilakukan penanaman secara simbolis di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau. ***(AMP).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook