Kolaborasi Satker BLI di Sumatera pada Prinas 2021

By Sutomo Dardi 02 Mar 2021, 12:11:15 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Kolaborasi Satker BLI di Sumatera pada Prinas 2021

Keterangan Gambar : Pegawai Balitbang LHK Palembang, Balitbang LHK Aek Nauli, Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH), Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) melakukan foto bersama.


Akhir pekan lalu (19-20) Februari 2021, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang (Balitbang LHK Palembang) didatangi oleh tim penelitian dari Pusat Litbang Hasil Hutan (P3HH), Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli (Balitbang LHK Aek Nauli) dan Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH). Kunjungan dan berkumpulnya para peneliti ini dalam rangka koordinasi, persiapan teknis hingga orientasi lapangan kegiatan kolaborasi dalam Program Prioritas Nasional (Prinas) tahun 2021 ini.

Kegiatan pada hari pertama (19 Februari 2021) bertempat di ruang rapat Balitbang LHK Palembang untuk berkoordinasi sebagai upaya penyamaan persepsi teknis pelaksanaan kedepannya. Kegiatan ini dimoderatori oleh Kepala Seksi Program dan Anggaran dan dibuka secara resmi oleh Kepala Balitbang LHK Palembang.

Dalam sambutannya, Ir. Tabroni,MM selalu kepala Balitbang LHK Palembang menegaskan akan pentingnya komitmen dalam pelaksanaan dan pencapaian output kegiatan prinas 2021. “Kita yang hadir disini akan menandatangani perjanjian kinerja sebagai bentuk janji kita untuk menyelesaikan kegiatan bersama ini. Kepada masing-masing peneliti yang diamanahi untuk menyelesaikan sub kegiatan tunaikan mandat tersebut secepat mungkin mengingat akan adanya reorganisasi di kementerian kita ini” ujar Tabroni.

“Mari bersama-sama melalui kolaborasi ini, kita berkontribusi dalam khasanah keilmuan kehutanan melalui berbagai disiplin ilmu masing-masing kita. Perdalam teori melalui implementasi kegiatan di demplot nantinya. Dengan demikian kita telah mengambil langkah dalam pengelolaan KHDTK dan secara tidak langsung mencerdaskan generasi setelah kita” tambah pria yang akan segera memasuki masa purna bakti ini.

Program Prinas pada tahun ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya yang dilaksanakan oleh beberapa satuan kerja (Satker) lingkun Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI KLHK). Namun pada kali ini mengangkat tema “Pengembangan dan Potensi Pemanfaatan Lestari Jenis Kayu Bernilai Tinggi”.

Imam Muslimin,S.Hut,M.Si, peneliti Balitbang LHK Palembang menjelaskan mengenai konsep kolaborasi kegiatan prinas tahun 2021. “Kegiatan prinas yang akan kita lakukan secara bergotong royong ini akan menghasilkan sebuah hasil akhir yang kompleks. Kita yang terlibat tentunya mempunyai target yang berbeda, namun secara keseluruhan merupakan satu kesatuan proses dalam pencapaian yang saling melengkapi. Kami berharap Bapak dan Ibu yang terlibat dengan segala kemampuannya mengoptimalkan resources dengan existing yang ada saat ini” tegasnya selaku koordinator prinas tahun 2021 ini.  

Kegiatan prinas ini menjadi unik dikarenakan berorientasi pada lokasi yang menjadi objek penelitian selama ini yaitu Kelompok Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK). KHDTK terpilih adalah KHDTK Kemampo yang berada di Kabupaten Banyu Asin, Provinsi Sumatera Selatan. KHDTK ini berada dibawah pengelolaan Balitbang LHK Palembang yang bertindak sebagai koordinator pada kegiatan kolaborasi ini.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook