Kuok Raih Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)

By Sutomo Dardi 26 Des 2020, 05:50:27 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Kuok Raih Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)

Keterangan Gambar :


BP2TSTH Kuok (Senin, 21/12/20)_BP2TSTH Kuok meraih penghargaan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Tahun 2020 dari Kementerian PAN-RB pada acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM yang digelar dengan perpaduan antara tatap muka langsung (offline) dan melalui daring (online) melalui zoom meeting yang diiikuti oleh seluruh Kementerian  dan Lembaga Pemerintah, di Hotel Fairmont Jakarta Senin (21/12/20)

Pemberian predikat ZI Menuju WBK dan WBBM merupakan sebuah apresiasi kepada instansi pemerintah yang mampu berusaha lebih untuk membangun unit kerja percontohan yang berintegritas dan melayani dengan prima. Unit percontohan inilah yang akan menularkan virus-virus perubahan, sehingga semakin mendorong kemajuan reformasi birokrasi di Indonesia.

BP2TSTH Kuok merupakan salah satu dari 4 (empat) unit kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menerima penghargaan WBK. Penyerahan anugerah ini diserahkan simbolis oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, didampingi oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Wakil Ketua Ombudsman.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar momentum Hari Anti Korupsi Sedunia bisa menjadi pemicu bagi seluruh Instansi Pemerintah untuk melakukan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi secara konkrit, sistematis, dan berkelanjutan, melalui penerapan program reformasi birokrasi yang telah di tetapkan,” ujar Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

Dalam sambutannya Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa pemberian penghargaan ini sesuai dengan momentum Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia). “Unit Kerja yang berhasil membangun ZI diharapkan akan menjadi role model bagi unit kerja lainnya untuk menuju WBK dan WBBM sebagai upaya dalam mewujudkan birokrasi yang semakin bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif, efisien, serta berorientasi pada pelayanan publik yang berkualitas.” Ujar Ma’ruf.

Menurut Plt. Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Jufri Rahman, pembangunan ZI menuju WBK/WBBM merupakan langkah akselerasi guna mencapai sasaran reformasi birokrasi.

“Secara umum, targetnya adalah peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta peningkatan pelayanan publik. Setiap instansi pemerintah diwajibkan membangun percontohan (pilot project) pelaksanaan reformasi birokrasi pada tingkat unit kerja melalui pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM, ujar Jufri

Jufri mengatakan bahwa pimpinan dan jajaran unit kerja peraih WBK dan WBBM harus mampu menumbuhkan budaya kerja birokrasi yang antikorupsi, berkinerja tinggi, dan peningkatan pelayanan publik secara baik di lingkungan kementerian/lembaga/pemerintah daerah.

“Tujuan akhir kita bukan hanya unit kerja yang bagus, tetapi ada tujuannya adalah Indonesia yang baik. Kita bekerja untuk Indonesia, dimulai dari yang kecil untuk mencapai tujuan yang jauh lebih besar,” terang Jufri.

Dikatakan, WBK adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan 6 area perubahan program reformasi birokrasi serta telah mampu mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme. Enam area perubahan tersebut adalah manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Tidak hanya bagi unit kerja, pada acara ini juga diberikan penghargaan pada para pemimpin perubahan, yakni kementerian/lembaga/pemerintah daerah yang berhasil membangun zona integritas secara masif. Predikat dan penghargaan tersebut diharapkan sesuai dengan slogan yang digaungkan Kementerian PANRB, yakni Making Change, Making History.

Selaras yang dikatakan Jufri, Kepala BP2TSTH Kuok, Priyo Kusumedi capaian ini tidak dilepaskan dari komitmen BP2TSTH Kuok untuk mewujudkan WBK dan WBBM khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan layanan publik pada 6 (enam) area perubahan yaitu ; 1) manajemen perubahan, 2) penataan tatalaksana, 3) penataan manajemen SDM, 4) penguatan akuntabilitas kinerja, 5) penguatan pengawasan, dan 6) peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Mulai dari awal kita fokus pada capaian kinerja hal ini dengan dbuktikan dengan adanya 4 (empat) penghargaan dari KPPN Pekanbaru antara lain LK Terbaik 2019, LPJ Bendahara Terbaik 2019, Duta Perbedaharaan 2020, dan Penghargaan Terbaik Kedua untuk Penilaian Kualitas Pelaporan Keuangan dan Kinerja Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Periode Triwulan III Tahun 2020. Selain itu, kita dapat penghargaan Terbaik Kualitas dan Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Masa dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangkinang TA.2019,”ungkap Priyo

“Tidak lupa kita juga kita membangun dan meningkatan layanan publik, dan inovasi-inovasi pelayanan publik yang mendekatkan diri kepada pengguna antara lain munculnya galeri inovasi, taman lebah, taman trigona, dan revitalisasi arboretum dengan menggunakan teknologi informasi berbasis QR Code  “SIKEPO : Sistem Kenal Pohon” untuk memudahkan pengenaklan jenis pohon dan jensi lebah di arboretum Kuok,” jelas Priyo

Lebih lanjut Priyo  mengatakan bahwa dengan perbaikan dan peningkatan layanan ini dampaknya adalah meningkatnya kunjungan para pengguna ke BP2TSTH Kuok meskipun dalam kondisi pandemic Covid-19

“Apresiasi dan ucapan terimakasih seluruh jajaran @BP2TSTH Kuok atas kerja keras, kerja ikhlas, kerja cerdas, dan kerja samanya sehingga mendapatkan apresiasi ZI-WBK 2020 dari Kementerian PAN – RB. Tak lupa juga kami ucapkan terimakasih kepada Sekretariat BLI atas segala bimbingan dan arahannya sehingga mendapatkan penghargaan ini,” tutup Priyo

 

Mari Bersama Membangun Negeri dengan Melakukan Percepatan Reformasi Birokrasi Melalui Pembangunan Zona Integritas

Salam Perubahan!!!



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook