Lagi, BP2TSTH Kuok Raih Penghargaan Tata Kelola Keuangan Terbaik

By Sutomo Dardi 31 Mar 2021, 09:45:22 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Lagi, BP2TSTH Kuok Raih Penghargaan Tata Kelola Keuangan Terbaik

Keterangan Gambar : Penerimaan Penghargaan Terbaik Pertama Oleh Kepala BP2TSTH yang diserahkan langsung Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara di Aula KPPN Tipe A1 Pekanbaru


Pekanbaru (29/03/2021) Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) meraih penghargaan Terbaik Pertama Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) pada tahun 2020. Penghargaan ini merupakan apresiasi yang diberikan kepada pimpinan dan satuan kerja yang memiliki kinerja terbaik dalam pelaksanaan tata kelola keuangan. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)  Tipe A1 Pekanbaru yang diterima langsung oleh Kepala BP2TSTH di Aula KPPN Tipe A1 Pekanbaru.

Pada kesempatan tersebut, Kepala KPPN Tipe A1 Pekanbaru, Khairil Indra menyampaikan apresiasinya kepada para pimpinan satuan kerja (satker) beserta perangkatnya atas kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2020 yang lalu. Selanjutnya ia juga menjelaskan beberapa indikator yang digunakan dalam penilaian satker sebagai nominator penghargaan tersebut.

“Satker yang masuk nominasi adalah mereka yang memiliki tingkat kesesuaian tertinggi antara perencanaan dengan pelaksanaan anggaran, efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan serta kepatuhan terhadap regulasi yang menaunginya” paparnya.  

“Prinsip fundamendal sebagai substansi pengelolaan keuangan itu adalah setiap rupiah yang dikeluarkan oleh negara harus dapat dipertanggungjawabkan. Bukan sekedar outputnya saja, tetapi harus lebih dari itu yaitu outcome. Dampak apa yang akan dirasakan oleh masyarakat atas pengeluaran belanja negara tersebut.” pungkas Khairil didepan tamu undangan.

Selain penghargaan di atas, pada tahun 2021 ini BP2TSTH Kuok juga meraih penghargaan Terbaik Pertama Kualitas dan Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Masa dari KPP Pratama Bangkinang.

Saat dikonfirmasi, Kepala BP2TSTH mengungkapnya dukungannya terhadap beragam program pemerintah demi terselenggaranya pemerintahan yang akuntable dan terukur. “Semua prestasi yang kita terima sebagai bentuk apresiasi merupakan dedikasi dari tim BP2TSTH yang solid dan luar biasa. Terimakasih untuk semua peran serta seluruh ornamen yang terlibat menjadikan kerja cerdas, kerja ikhlas  dan kerja tuntas” ujar Priyo sembari tersenyum.

Menanggapi perolehan penghargaan yang diraih oleh BP2TSTH tersebut, apresiasi juga disampaikan oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi KLHK, Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc melalui media sosial miliknya. “Selamat kepada Kepala BP2TSTH Kuok dan jajaran atas prestasi yang diraih, semoga menjadi teladan satker lain di Badan Litbang dan Inovasi untuk lebih meningkatkan kinerja” ucapnya.

Selama rangkaian penyerahan penghargaan tersebut, kegiatan berlangsung lancar, tertib dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Apresiasi yang diterima sebagai bentuk penghormatan tersebut adalah bayaran tak terhingga untuk seluruh elemen. Bersama kita mampu mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan dan berdampak sebagai pengabdian aparatur negara.***FDN



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook