Litbang Kuok Raih 3 Penghargaan dari KPPN Pekanbaru
Litbang Kuok Raih 3 Penghargaan dari KPPN Pekanbaru

By Sutomo Dardi 27 Jun 2020, 19:41:04 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Litbang Kuok Raih 3 Penghargaan dari KPPN Pekanbaru

Keterangan Gambar :


[BP2TSTH Kuok]_Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok meraih 3 penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pekanbaru, Kamis, 25 Juni 2020.  Hal ini diumumkan oleh Kepala KPPN Pekanbaru dalam kegiatan Evaluasi  Pelaksanaan Anggaran Semester I 2020 Wilayah Kerja KPPN Pekanbaru, yang diselenggarakan secara virtual.

Tak tanggung-tanggung BP2TSTH Kuok diapresiasi sebagai juara 1 Laporan Pertanggungjawaban terbaik, juara 1 Laporan Keuangan terbaik, serta bendahara pengeluaran BP2TSTH dinobatkan sebagai duta perbendaharaan 2020 lingkup Provinsi Riau.

Sebagai satuan kerja (satker) dari instansi pemerintah, BP2TSTH Kuok terus melakukan penertiban dan perbaikan penataan administrasi. Laporan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban secara tertulis sebagai konsekuensi penggunaan anggaran yang berasal dari kas negara. Skema dan mekanisme pelaporan keuangan yang dianut oleh tim pengelola DIPA BP2TSTH Kuok adalah peraturan hingga petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan.

“Prestasi ini merupakan buah kerjasama tim keuangan dan seluruh pegawai BP2TSTH dalam tertib administrasi penggunaan uang negara,“ ujar Juliswan, SE.,  Kepala Sub Bagian Tata Usaha BP2TSTH. “Prestasi ini setidaknya memotivasi tim teknis keuangan dan menjadi titik tolak akuntabilitas pengelolaan anggaran yang mengacu pada profesionalisme,” tambahnya.

BP2TSTH Kuok menjalankan skema pengajuan penggunaan anggaran dari proses pengajuan hingga administrasi pertanggungjawaban dilakukan berdasarkan SOP yang telah dibakukan secara internal. Semua proses tersebut berada dibawah pengawasan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

“Terimakasih atas kerjasama dari rekan-rekan pelaksana kegiatan dan jajaran manajemen yang merealisasikan target capaian dan berkomitmen pada waktu,”ucap Wahid Hidayat, SE., selaku bendahara pengeluaran BP2TSTH, saat dikonfirmasi mengenai capaiannya menjadi duta perbendaharaan 2020.

Duta Perbendaharaan yang merupakan petugas Satker yang mempunyai kompetensi dan kapasitas peraplikasian seputar pengelolaan keuangan. Menurut Wahid, sebagai duta mereka mempunyai tugas untuk meneruskan informasi terbaru, seperti peraturan dan aplikasi tentang perbendaharaan di lingkup satkernya.  Selain itu, juga membantu teman-teman satker yang menghadapi permasalahan antara laintentang perbendaharaan, perpajakan, dan aplikasi satker.

Penghargaan disambut rasa syukur oleh Priyo Kusumedi, S.Hut., MP., Kepala BP2TSTH Kuok. Hal tersebut dituangkannya melalui akun Instagram pribadinya (@priyokusumedi). “Alhamdulillah atas capaian dan penghargaan ini. Terimakasih temen-temen Kuok untuk kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlasnya,”tulisnya.

Penghargaan yang diperoleh ini sebelumnya juga telah diraih secara berturut-turut oleh BP2TSTH untuk kategori Laporan Keuangan Terbaik Tingkat UAKPA pada tahun 2010,2011,2012,2013 dan 2014. Semoga apa yang diraih menjadi sebuah standar dalam konsep kaderisasi internal dan menjadi referensi bagi instansi eksternal.*(ES)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook