Membangkit Pohon Andalas yang "Terendam"
Tidak banyak yang tahu, jika sebenarnya andalas adalah nama pohon

By Sutomo Dardi 18 Okt 2019, 17:12:52 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Membangkit Pohon Andalas yang "Terendam"

Keterangan Gambar : Pohon besar andalas berdiameter delapan pelukan orang dewasa di Nagari Andaleh


ORANG Indonesia, terutama orang yang berdomisili atau bahkan yang berasal dari Pulau Sumatera sangat familiar dengan kata andalas. Andalas adalah nama julukan lain untuk Pulau Sumatera, salah satu di antara lima pulau terbesar di negara Indonesia. Salah satu institusi pendidikan tinggi terbesar dan terkenal di Pulau Sumatera juga dinamakan dengan kata ini, Universitas Andalas yang berlokasi di jantung Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang.

Kemudian, banyak jalan, tempat dan desa yang berada bukan hanya di Sumatera Barat namun juga di bagian lain di Pulau Sumatera, yang dinamai dengan andalas (atau ‘andaleh’ dalam bahasa Minangnya) seperti Nagari Andaleh dan Nagari Andaleh Baruih Bukik di Kabupaten Tanah datar, Nagari Andaleh di kabupaten Agam, dan selanjutnya; menjadikan kata ‘andalas’ ini sangat biasa terdengar di telinga kita.

Meskipun nama andalas sangat familiar, namun tidak banyak yang tahu, jika sebenarnya andalas adalah nama pohon. Jangankan generasi milenial jaman ini, generasi sebelumnya pun banyak yang tidak menyadari hal tersebut. Andalas sendiri adalah maskot flora Provisi Sumatera Barat yang telah ditetapkan oleh pemerintahan daerah provinsi tersebut sejak tahun 1990. Meski baru selama 29 tahun secara resmi menjadi maskot provinsi, namun jenis pohon endemik di Pulau Sumatera ini telah memiliki keterikatan kultural dengan masyarakat Minangkabau jauh sejak zaman dahulunya.

Gambar: Malai bunga betina andalas

Selengkapnya simak di https://www.kabaralam.com/tapak/2019-10-06/membangkit-pohon-andalas-yang-terendam

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook