Menguatkan Backbone Iptek dan Inovasi
Menguatkan Backbone Iptek dan Inovasi

By Sutomo Dardi 07 Des 2019, 06:42:05 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Menguatkan Backbone Iptek dan Inovasi

Keterangan Gambar :


BP2TSTH (Kuok, 2019)_Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek) telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019. Salah satu butir pentingnya adalah mengenai penguatan data Penelitian, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan (litbangjirap) sebagai backbone (tulang punggung) iptek dan inovasi.

Dalam Sisnas Iptek tersebut, Pemerintah Pusat menetapkan wajib serah dan wajib simpan atas seluruh data primer dan keluaran hasil litbangjirap. Kewajiban tersebut paling singkat selama 20 tahun, melalui sistem informasi iptek yang terintegrasi secara nasional.

Memperhatikan kewajiban tersebut, Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Sistem Repositori Ilmiah Nasional (RIN) sekaligus menginisasi kerjasama dengan Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah (PDDI), LIPI, Selasa (22/10). Kegiatan yang diselenggarakan di kantor BP2TSTH Kuok ini dihadiri oleh Wasi Tri Prasetyo, Koordinator PUI PDDI LIPI dan Cahyo Trianggoro sebagai narasumber serta para peneliti balai.

Dalam sambutannya, Priyo Kusumedi, Kepala BP2TSTH Kuok menyampaikan bahwa data dan informasi litbang adalah aset utama dan sangat penting bagi Badan Litbang dan Inovasi (BLI). Oleh karena itu, untuk menunjang dan mengoptimalkan kegiatan litbang perlu adanya pengelolaan sistem data dan informasi terpadu.

“Sebenarnya ini adalah bagian dari kegiatan pengelolaan database litbang yang menjabarkan mengenai mekanisme penginputan, pemutahiran, penyimpanan dan penggunaan data sebagai dasar pengambil kebijakan. Data yang beredar dilitbang dan yang dihasilkan dari APBN adalah aset tak berwujud milik Negara sehingga perlu ditata mengenai penjaminan data sebagai sebuah informasi keterbukaan publik sesuai dengan UU 14/2008,” ujar Priyo.

Simak selengkapnya di : http://www.forda-mof.org/berita/pos/6661-menguatkan-backbone-iptek-dan-inovasi



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook