Pemanfaatan Sarang Lebah Apis dorsata untuk Pembuatan Lilin LebahPemanfaatan Sarang Lebah Apis dorsa

By Sutomo Dardi 21 Feb 2019, 21:23:27 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Pemanfaatan Sarang Lebah Apis dorsata untuk Pembuatan Lilin LebahPemanfaatan Sarang Lebah Apis dorsa

Keterangan Gambar : penimbangan saarang lebah


(Kuok, 11 Februari 2019) Budidaya lebah madu selain menghasilkan produk madu, juga meninggalkan limbah berupa sarang, bee pollen atau anakan lebah. Sementara itu, limbah ekstraksi madu tersebut juga dapat dimanfaatkan karena memiliki nilai ekonomi.

“Berdasarkan pengalaman saya berkecimpung di dunia lebah madu selama puluhan tahun, limbah dari lebah madu itu sebenarnya jika mampu diolah kembali dan dapat menghasilkan uang misalnya dari bahan lilin lebah dewasa dipasaran memiliki harga jual sekitar Rp. 60.000/kg dapat digunakan sebagai bahan dasar berbagai produk seperti krim malam, lilin aromaterapi, pomade, sabun, dll”, ujar Purnomo, salah seorang penggiat lebah madu di Kabupaten Kampar, Riau.

Pemasakan bahan dan penimbangan sarang lebah ( doc: tim lebah)

Tim peneliti Sosial Ekonomi dari BP2TSTH Kuok telah melakukan uji coba pembuatan lilin menggunakan sarang lebah Apis dorsata. Teknik yang digunakan adalah dengan teknik perebusan. Cara pembuatannya yaitu sarang lebah dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dilakukan perebusan menggunakan air sampai mencair semua. Selanjutnya hasil rebusan tersebut disaring dan dicetak. Randemen yang diperoleh dari produk tersebut sekitar 30% saja.

“Pembuatan lilin lebah tersebut menggunakan teknologi sederhana dan dapat dikembangkan oleh UMKM sehingga dapat menjadi pekerjaan sampingan dan menambah perekonomian masyarakat”, ujar Enggar, salah seorang peneliti dari BP2TSTH Kuok.

Selain dapat dimanfaatkan untuk berbagai produk komersial, lilin lebah ternyata juga dapat digunakan sebagai fondasi sarang Apis cerana atau Apis mellifera.

“Keberadaan fondasi sarang akan membantu lebah dalam membangun sarang. Aplikasi fondasi sarang sudah banyak diterapkan oleh peternak lebah modern baik itu di Jawa maupun di luar negeri”, tambah Avry, peneliti BP2TSTH Kuok yang telah lama menggeluti penelitian budidaya lebah madu. (ME)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Togelmbah 10 Mar 2019, 10:16:48 WIB

    Wah banyak juga manfaat sarang lebah

View all comments

Write a comment