Pentingnya Peran Peneliti dalam Mendiseminasikan Hasil Penelitian

By andhika 17 Mei 2017, 10:22:39 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Pentingnya Peran Peneliti dalam Mendiseminasikan Hasil Penelitian

Keterangan Gambar :


 (Kuok, 3 Mei 2017) Forum Komunikasi Peneliti Widyaiswara Penyuluh dan Guru (FKPWPG) merupakan wadah berkumpulnya para fungsional peneliti, widyaiswara, penyuluh, dan guru lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Acara yang berlangsung pada tanggal 26 – 27 April 2017 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merupakan kolaborasi apik dari BLI dengan BP2SDM. Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan BLI, Dr. Ir. Sylvana Ratina, M.Si. dan menandai dimulainya hajat tahunan peneliti, widyaiswara, penyuluh, dan guru.

Dalam sambutannya, Sekretaris BLI menekankan pentingnya peran peneliti sebagai agen perubahan untuk menyebarluaskan hasil risetnya agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. “Para peneliti harus mampu bersinergi dengan para pengguna salah satunya penyuluh yang langsung berhadapan dengan masyarakat”, kata Sylvana. ‘Diharapkan ke depan hasil-hasil riset Litbang tidak hanya berakhir dalam buku dan laporan namun juga hasil nyata/produk dan didiseminasikan berupa informasi yang bermanfaat bagi masyarakat’, tambah Sylvana.

Pada pertemuan yang berlangsung selama 2 hari tersebut terdapat 2 agenda yaitu pemaparan materi hasil penelitian oleh para peneliti lingkup BLI KLHK dan penyusunan materi sebagai bahan ajar widyaiswara dan penyuluh. Ada 8 materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu Sengon unggul tahan karat puru, revegetasi lahan bekas tambang, produk arang terpadu (cuka kayu), bioetanol dari aren, bambu lamina, madu dan produk turunannya, agroforestry di lahan gambut, dan infasif alien spesies.

Para peserta yang hadir sangat berkesan dengan materi-materi yang disampaikan sebab materi tersebut merupakan hal baru yang mereka terima. Banyak diantara peserta yang tertarik dan bertanya seputar materi kepada para narasumber. Salah satu materi yang mendapatkan perhatian dari peserta adalah madu dan produk turunannya (propolis). Materi yang disampaikan oleh Drs. Purnomo, peneliti dari BP2TSTH Kuok, membangkitkan semangat peserta untuk mengembangkan hasil hutan bukan kayu (HHBK) di hutan. Pengembangan madu dan produk turunannya dinilai dapat meningkatkan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan.

“Masyarakat yang tinggal di pedesaan dan di sekitar hutan perlu memperhatikan kondisi wilayahnya dan ketersediaan tanaman pakan lebah di sekitar tempat tinggalnya karena dengan aplikasi teknologi sederhana dan modal yang kecil, masyarakat pedesaan sudah dapat mengembangkan budidaya lebah madu di lingkungan tempat tinggalnya”, kata Purnomo.

Drs. Purnomo, peneliti BP2TSTH saat memberikan pemaparan

(Dokumentasi: Michael Daru Enggar)

“Siapapun yang tertarik dengan budidaya lebah madu dapat belajar langsung ke Kuok karena kami siap melayani masyarakat seperti pengajaran cara mengolah produk turunan madu secara sederhana dan dapat langsung menjual produknya”, jelas Ir. R. Gunawan Hadi Rahmantom M.Si selaku Kepala BP2TSTH.

“Diharapkan ke depan hasil-hasil riset Litbang tidak hanya berakhir dalam buku dan laporan namun juga hasil nyata/produk dan didiseminasikan berupa informasi yang bermanfaat bagi masyarakat”, tambah Sylvana. Banyak pihak termasuk Sekretaris BP2SDM, Ir. A. Wikan Hartati mengharapkan kegiatan ini dapat berlangsung secara berkelanjutan bahkan kalau bisa setahun dua kali sebab banyak manfaat yang diperoleh peserta dari adanya kegiatan tersebut. (ME/ASY)           



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • hery

    Thanks for all, hope it could be better next time... ...

    View Article
  • Cuci Sofa

    Salam kenal untuk pemilik webnya. Kontennya bagus banget. ...

    View Article
  • Revistas

    The blog or and best that is extremely useful to keep I can share the ideas of ...

    View Article
  • My Journal

    This content is very good, I like the item completely. In this article When i ...

    View Article