Peringatan Hari Bakti Rimbawan Ke-34

By andhika 17 Mei 2017, 10:07:22 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Peringatan Hari Bakti Rimbawan Ke-34

Keterangan Gambar : Penanaman bibit pohon oleh Kepala Balai BP2TSTH Kuok


(KUOK, 23 Maret 2017) Dalam memperingati Hari Bakti Rimbawan tahun 2017, BP2TSTH turut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh korwil UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prop. Riau. Hari Bakti Rimbawan pada tahun 2017 ini telah memasuki tahun peringatan yang ke-34, dengan mengangkat tema “Dengan Semangat Kerja Nyata, Rimbawan Indonesia Bertekad Menjaga Kelestarian Hutan untuk Meningkatkan Pembangunan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan”.

Kegiatan yang dilaksanakan di korwil seperti berbagai macam lomba untuk mempererat silaturahmi antar pegawai lingkup KLHK Prop. Riau, pembinaan pegawai dan penyerahan santunan sosial berupa sembako, pakaian layak pakai serta sumbangan sukarela dari para pegawai kepada 2 (dua) panti asuhan yang ada di kota Pekanbaru. Rangkaian acara Hari Bakti Rimbawan tersebut ditutup dengan kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2017. Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Dr. Ir. Mahfudz, MP., mengatakan, yang paling penting dalam Hari Bakti Rimbawan ini merupakan momentum penguatan semangat rimbawan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan dan juga kehutanan. “Apabila hutan lestari, maka masyarakat akan sejahtera. Karena, dari dalam hutanlah masyarakat dapat mengambil manfaat tanpa perlu merusaknya”, tambah beliau.

Tidak hanya itu, BP2TSTH Kuok juga melaksanakan kegiatan internal di lingkungan kantor berupa penanaman bibit pohon di arboretum BP2TSTH dengan melibatkan seluruh pegawai BP2TSTH Kuok. “Tujuan dari kegiatan ini selain untuk memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-34 dan Hari Hutan Internasional, sekaligus untuk mengganti pohon-pohon yang telah mati dan memperkaya jenis-jenis tanaman yang ada di arboretum”, papar Ir. R. Gunawan Hadi Rahmanto, M.Si., selaku kepala BP2TSTH saat membuka acara penanaman. Terdapat 12 jenis tanaman yang ditanam pada saat acara penanaman yang terdiri dari tanaman kayu dan tanaman MPTS, yaitu Tampui, Keruing, Agathis, Merbau, Aren, Ketapang, Durian, Mangga, Nangka, Bintangur, Pulai dan Gerunggang.

(sambutan pembukaan dari Kepala Balai BP2TSTH Kuok)

Hari Bakti Rimbawan yang diperingati setiap tanggal 16 Maret bertepatan dengan lahirnya Departemen Kehutanan pada tanggal 16 Maret 1983. Sedangkan melalui Resolusi 67/200 tahun 2012, PBB menetapkan tanggal 21 Maret sebagai International Day of Forests atau Hari Hutan Internasional (HHI). Hari Hutan Internasional pada tahun 2017 ini mengangkat tema “Hutan dan Energi”.

(keceriaan para pegawai BP2TSTH Kuok usai mengikuti kegiatan penanaman)

“Harapannya, peringatan Hari Bakti seperti ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk kita melakukan refleksi, menggali inspirasi, motivasi dan berbagai inovasi dalam kiprah kerja bidang lingkungan hidup dan kehutanan, dimanapun kita bertugas”, jelas Yulwiriati Moesa selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi Riau, saat membacakan pidato Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada saat upacara peringatan Hari Bakti Rimbawan di Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pekanbaru. (ASY/SP)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • alat tulis kantor

    Saya pikir hari lingkungan hidup ini harus dijadikan hari libur nasional supaya semua ...

    View Article
  • alat tulis berkualitas

    Saya ucapkan selamat atas nota kesepahaman yang telah disepakati bersama semoga hal ...

    View Article
  • Pakar SEO

    Artikel dan informasi yang bagus sekali, salam hangat dari kami ...

    View Article
  • Jasa SEO Jakarta

    Have you ever thought about publishing an e-book or guest authoring on other ...

    View Article