Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017

By andhika 09 Jun 2017, 09:18:17 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017

Keterangan Gambar :


BP2TSTH Kuok (Kuok, 06/06/2017)_Hari Lingkungan Hidup merupakan sebuah kampanye pelestarian lingkungan hidup terbesar di dunia. Penetapan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup dicetuskan saat Konferensi Stockholm pada tahun 1972 oleh Majelis Umum PBB. Hari Lingkungan Hidup pertama kali diperingati pada tahun 1974 dengan mengangkat tema “Only One Earth“ dan dilaksanakan setiap tahunnya sampai saat ini. Badan Lingkungan Hidup Dunia atau United Nations Environment Programme (UNEP) menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup 2017 adalah ”Connecting People to Nature” atau “Menyatu dengan Alam”.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diselenggarakan UPT Kementerian LHK Provinsi Riau di Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES), Senin (05/06). Acara dimulai dengan upacara bendera yang dihadiri oleh seluruh pegawai UPT lingkup Kementerian LHK Provinsi Riau termasuk Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Menteri LHK pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang di bacakan oleh Kepala BP2TSTH Kuok, Ir. R. Gunawan Hadi Rahmanto, M.Si sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya, Menteri LHK, Siti Nurbaya, mengatakan bahwa lingkungan dan atau alam memiliki arti sangat besar dan bisa dikatakan menentukan hidup manusia, karena fungsi-fungsi alam yang bekerja juga bagi manusia atau sekaligus manusia menjadi bagian dalam landscpae ecology alam tersebut. Fungsi-fungsi alam itu meliputi Fungsi Regulasi terkait dengan kapasitas ekosistem alam untuk mengatur proses ekologis yang esensial, Fungsi Pembawa/carier dari alam yang menyediakan ruang dan bahan atau medium yang sesuai untuk aktivitas manusia, Fungsi Produksi alam yang menyediakan berbagai sumberdaya serta Fungsi Informasi dimana alam memberi kontribusi kepada manusia untuk kesehatan mental.

“Keempat fungsi alam tersebut secara utuh mempengaruhi kehidupan manusia. Maka, sangatlah tepat Badan Lingkungan Hidup Dunia atau United Nations Environment Programme (UNEP) menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup 2017, yaitu ”Connecting People to Nature” atau secara ringkas kita menyebutnya, tema Menyatu dengan Alam,” kata Gunawan.

Tema “Menyatu dengan Alam” mengingatkan kita akan kewajiban memanfaatkan  kekayaan alam karunia Tuhan YME dengan sebaik-baiknya. Berbagai upaya antara lain menjaga siklus air, mengendalikan pencemaran udara, pemanfaatan panas bumi, serta menikmati keindahan alam untuk obyek wisata.  Semuanya tersedia dalam jumlah melimpah di alam namun dapat habis bahkan hilang jika kondisi alamnya rusak atau terganggu. Sebagai contoh, air yang dihasilkan dari proses siklus hidrologi di alam sangat tergantung dari keberadaan ekosistem hutan. 

Menteri LHK juga mengharapkan agar momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia di bulan Ramadhan ini bisa menjadi refleksi bagi kita untuk mengingat kembali perlunya manusia melakukan perubahan perilaku dengan menahan diri dari perbuatan kurang baik untuk menjadi lebih baik. Hal ini juga dapat diimplementasikan dalam menjaga kekayaan, keselarasan dan keindahan alam. Dan yang paling penting aktualisasi kejujuran dalam melihat, mempersepsikan persoalan serta dalam melangkah dengan dan bersama alam.

Di akhir sambutannya Menteri LHK menegaskan bahwa manusia dan alam adalah satu. Kita tidak bisa dipisahkan dari alam. Oleh karena itu, kita harus jujur mempersepsikan dan memperlakukan alam, juga harus menjaga dari berbagai ancaman; harus mengelola dengan prinsip perlindungan. Kita harus berupaya sungguh-sungguh melindungi dan memulihkan lingkungan sebagai komitmen kuat menjamin hak-hak konstitusional warga negara termasuk generasi mendatang. Itu harus kita lakukan bersama-sama.

Dengan Hari Lingkungan Hidup, mari bersama-sama kita tingkatkan kesadaran dan melakukan tindakan untuk mendukung dan mendorong perubahan dalam pelestarian lingkungan hidup. ***ASY



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. alat tulis kantor 13 Jul 2017, 16:59:23 WIB

    Saya pikir hari lingkungan hidup ini harus dijadikan hari libur nasional supaya semua orang tahu bahwa hari lingkungan hidup adalah hari penting demi berlangsungnya kehidupan seluruh manusia & makhluk hidup lainnya di Bumi ini. Semoga saja banyak orang akan sadar bahwa kehidupan ini terlalu penting & jangan dirusak lebih parah dari sekarang

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • alat tulis kantor

    Saya pikir hari lingkungan hidup ini harus dijadikan hari libur nasional supaya semua ...

    View Article
  • alat tulis berkualitas

    Saya ucapkan selamat atas nota kesepahaman yang telah disepakati bersama semoga hal ...

    View Article
  • Pakar SEO

    Artikel dan informasi yang bagus sekali, salam hangat dari kami ...

    View Article
  • Jasa SEO Jakarta

    Have you ever thought about publishing an e-book or guest authoring on other ...

    View Article