Rencana yang baik, kantongi 50% keberhasilan
kantongi 50% keberhasilan

By Sutomo Dardi 11 Jan 2020, 14:26:30 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Rencana yang baik, kantongi 50% keberhasilan

Keterangan Gambar : Suasana Rapat Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2020


BP2TSTH (Kuok, januari 2020)_Awali Tahun 2020, Balai LItbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2020 di ruang rapat pada hari Selasa, (7/01).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Priyo Kusumedi, S.Hut, M.P selaku Kepala BP2TSTH Kuok. Dalam arahannya Priyo mengatakan bahwa rencana yang baik itu mengantongi 50% keberhasilan.

“Kunci sukses mencapai tujuan adalah perencanaan yang baik“, ungkap Priyo. Keberhasilan suatu tujuan merupakan 50% dari perencanaan yang baik.

Lebih lanjut Priyo mengatakan bahwa selain rencana yang baik, suatu kegiatan juga harus mempunyai target yang jelas dan terukur, baik untuk kegiatan litbang maupun kegiatan dukungan manajemen.

“Target kegiatan jelas, akan membuat kita bekerja sebaik-baiknya, sehingga akan menghasilkan output, outcome bahkan impact yang baik untuk pengguna,”jelas Priyo

Priyo mengingatkan untuk capaian 2020, khususnya dukungan manajemen bisa menjadi satker terbaik untuk kegiatan kepegawiaan, BMN, pengelolaan keuangan, meningkatnya kerjasama dalam negeri/luar negeri, dan bisa menangkap peluang pendanaan kegiatan dari CSR, hibah dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya berharap agar kegiatan litbang yang dilaksanakan dapat bermanfaat dan berdampak kepada para pengguna, selain itu hasil litbang bisa dihilirisasikan bahkan dikomersialisasikan,” harap Priyo.

Pada tahun 2020 BP2TSTH Kuok melaksanakan 9 (sembilan) kegiatan penelitian dan 1 (satu) kegiatan pengembangan.

“Jangan hanya mengandalkan anggaran DIPA, kita harus mencari sumber dana lain melalui penjalinan kerjasama dengan pihak luar. Bisa melalui hibah dalam negeri (Kementerian Ristek dan teknologi, Kementerian Keuangan), hibah luar negeri (ITTO, ACIAR, JICA, AFFOCO), maupun CSR (Chevron, Pertamina, Bank Nasional, Perusahaan Tambang), dll,”jelas Priyo

Sementara itu, Bambang Setiyono, Kepala Seksi Program, Evaluasi dan Kerjasama menekankan bahwa kerjasama yang akan dijalin juga diimbangi output yang jelas dan komunikasi informal dengan mitra kerjasama. Selian itu, kerjasama juga bisa di inisiasi oleh para pejabat fungsional peneliti atau teknisi yang mempunyai jaringan dengan beberapa mitra dalam negeri maupun luar negeri.

“Bank Proposal Litbang juga harus kita aktifkan kembali sebagai langkah antisipasi adanya kemungkinan permintaan proposal sewaktu-waktu” kata Bambang.

Pada rapat ini juga membahas beberapa kegiatan yang harus diselesaikan pada awal tahun yaitu penyusunan Renstra 2020-2024, Pembahasan Rencana Operasional Penelitian dan Pengembangan (ROPt dan ROPg) dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan, penyusunan proposal kerjasama, penyusunan buku ITTO,  penyusunan Pedoman Teknis Budidaya Trigona dan penerapan aplikasi Simaya (Administrasi Perkantoran Maya).

Pada akhir kegiatan, priyo menyampaikan apresiasi kepada rekan-rekan pelaksana kegiatan tahun 2019 yang telah merealisasikan target BP2TSTH Kuok dengan capaian realisasi anggaran sebesar 99,67%, dengan realisasi output sebesar 100%.

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari pejabat struktural, peneliti, teknisi dan pengelola DIPA lingkup BP2TSTH Kuok. ***Farika



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook