SD Muhammadiyah Bangkinang Outdoor Learning di BP2TSTSH Kuok

By andhika 03 Mei 2017, 13:42:46 WIBBERITA LITBANG & INNASI

SD Muhammadiyah Bangkinang Outdoor Learning di BP2TSTSH Kuok

Keterangan Gambar :


BP2TSTH (Kuok, 07/03/2017) Untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan lingkungan, sebanyak 120 siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Bangkinang Provinsi Riau melakukan outdoor learning atau belajar di luar kelas di Komplek Kantor Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok, Selasa (07/03).

“Pendidikan lingkungan dan konservasi alam pada anak usia dini sangat penting untuk membentuk karakter dan kepribadian siswa supaya memiliki kepedulian terhadap penyelamatan lingkungan hidup dan konservasi alam di masa yang akan datang,” kata Ir. R. Gunawan Hadi Rahmanto, M.Si, Kepala BP2TSTH saat membuka Kegiatan Out door learning.

Menurut Gunawan, dari tahun-ketahun kondisi kualitas lingkungan maupun hutan di Riau semakin menurun. Di satu sisi permasalahan di bidang lingkungan hidup maupun kehutanan semakin kompleks. Salah satunya adalah masalah kebakaran hutan dan lahan yang merupakan masalah utama di Riau, yang memberikan dampak besar terutama bagi kesehatan dan perekonomian masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, Gunawan menyadari pendidikan lingkungan sangatlah penting. Hal tersebut seyogyanya dilaksanakan sedini mungkin sehingga akan tertanam jiwa cinta lingkungan. Diharapkan kegiatan ini akan bisa meningkatkan kualitas lingkungan secara bertahap.

Untuk mencapai tujuan dan harapan tersebut, kegiatan ourdoor learning SD Muhammadiyah Bangkinang ini dilaksanakan dalam format 4 kegiatan yang aman untuk anak usia dini, yaitu 1). Kegiatan membuat bibit tanaman; 2). Kegiatan mengenal lebah madu dan manfaatnya terhadap manusia; 3). Kegiatan menonton audio visual pendidikan lingkungan hidup dan konservasi alam; serta 4). Game ketangkasan dan kekompakan tim.

“Dengan melihat dan melakukan praktek langsung, contohnya membuat bibit tanaman, diharapkan siswa dapat lebih mudah menyerap materi dan menyadari pentingnya manfaat tanaman buat kehidupan manusia, misalnya sebagai sumber penyedia oksigen dan penyimpan air,” kata Herman Hidayat, S.Pd., Guru SD Muhammadiyah Bangkinang sekaligus ketua tim.

Herman menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan pengalaman baru bagi siswa/i SD Muhammadiyah Bangkinang. Biasanya siswa/i belajar di dalam kelas, tetapi pada kesempatan ini bisa belajar di lapangan.

Selain itu, Herman juga memberikan apresiasi kepada panitia kegiatan karena bisa melaksanakan kegiatan ini dengan sangat menarik, baik pada saat penyampaian materi maupun praktek. Selain itu, adanya doorprize membuat siswa/i sangat antusias dan tidak mengenal lelah untuk mengikuti setiap kegiatan yang ada.

“Semoga siswa dapat menerapkan materi yang telah diberikan dalam kehidupan sehari-hari, dari hal kecil baik di lingkungan keluarga maupun sekolah. Misalnya gemar menanam pohon, membuang sampah pada tempatnya, menghemat air dan lain-lain,” kata Dedy Rahmanto, S.Hut., M.Ec.Dev., Kasi DISP.

“Diharapkan para siswa ini akan menjadi agen konservasi lingkungan dan konservasi alam di masa depan,”kata Dedy saat menutup acara. ***



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • hery

    Thanks for all, hope it could be better next time... ...

    View Article
  • Cuci Sofa

    Salam kenal untuk pemilik webnya. Kontennya bagus banget. ...

    View Article
  • Revistas

    The blog or and best that is extremely useful to keep I can share the ideas of ...

    View Article
  • My Journal

    This content is very good, I like the item completely. In this article When i ...

    View Article