“KUOK MENANAM, GUNA MENGEMBALIKAN FUNGSI KHDTK KEPAU JAYA”

By andhika 22 Mar 2018, 13:38:17 WIBBERITA LITBANG & INNASI

“KUOK MENANAM, GUNA MENGEMBALIKAN FUNGSI KHDTK KEPAU JAYA”

Keterangan Gambar :


Kampar (22/3/2018) - Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan atau yang biasa disingkat BP2TSTH Kuok sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di wilayah provinsi Riau melakukan kegiatan penanaman bersama oleh seluruh pegawai BP2TSTH Kuok dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan yang ke-35 dan Hari Hutan Internasional yang dilaksanakan di KHDTK Kepau Jaya, Rabu (21/3).

Tidak seperti halnya acara penanaman yang biasa dilakukan di daerah yang mudah dijangkau, penanaman kali ini dilakukan di areal bekas perkebunan kelapa sawit dan sudah dilakukan perlakuan. Hal tersebut tidak menyurutkan semangat para pegawai untuk melalui rute semak dan melewati jembatan darurat untuk menyebrangi kanal.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 70 peserta ini melakukan penanaman bibit dengan jenis tanaman Jelutung yang memang endemik gambut dan beberapa jenis bibit MPTS seperti Nangka, Durian dan Matoa yang merupakan hasil kerjasama dengan UPT Benih dengan total bibit yang ditanam sebanyak 400 batang dengan luasan sekitar 1 hektar.

Dalam sambutannya, kepala Balai BP2TSTH Kuok, Mochlis, S.Hut, T., M.P., menyampaikan bahwa kegiatan penanaman bersama di KHDTK Kepau Jaya merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan dan penanaman ini dilakukan sesuai dengan rencana pengelolaan KHDTK Kepau Jaya yang telah disusun sekaligus untuk mengembalikan fungsi KHDTK Kepau Jaya sebagai areal penghasil atau sumber pakan lebah.

“Kedepannya, di areal KHDTK Kepau Jaya akan disediakan lahan bagi masyarakat yang ingin menanam secara sukarela tentunya dengan berkoordinasi dengan pihak pengelola KHDTK Kepau Jaya agar berjalan sesuai dengan rencana pengelolaan yang sudah disusun.” harap Mochlis.

Tak lama setelah kegiatan penanaman, dilakukan berbagai macam kegiatan outbond yang diikuti oleh seluruh pegawai dengan tujuan untuk menciptakan kekompakan dan kebersamaan antar para pegawai BP2TSTH Kuok.

Aksi penanaman dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan ini dilakukan untuk melaksanakan himbauan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya, untuk menyukseskan Gerakan Tanam dan Pelihara 25 Pohon Selama Hidup, guna perbaikan dan pengembalian kondisi hutan sekaligus peningkatan pendapatan masyarakat sekitar kawasan hutan. **ASY/AY**



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • jual kacang bangkok

    semoga siwa siswi yang magang bisa menjadi lulusan yang terbaik ...

    View Article
  • jual kacang thailand

    setuju, anak2 harus diajarkan tentang kepedulian lingkungan dari yang paling sederhana, ...

    View Article
  • watu gajah park

    go green,,, info bermanfaat sekali, terimakasih ...

    View Article
  • Pakar SEO

    Terima Kasih Info Yang bermanfaatnya Mas... semoga makin rame dan sukses selalu :) ...

    View Article