BP2TSTH Bimbing Mahasiswa PKL Berkonsep Hilirisasi Produk Litbang
BP2TSTH Bimbing Mahasiswa PKL Berkonsep Hilirisasi Produk Litbang

By Sutomo Dardi 09 Jul 2020, 17:07:30 WIBBERITA LITBANG & INNASI

BP2TSTH Bimbing Mahasiswa PKL Berkonsep Hilirisasi Produk Litbang

Keterangan Gambar : foto bersama di Taman Selulosa


Kuok (07 Juli), mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) berasal dari Universitas Lancang Kuning (UNILAK). Kegiatan PKL ini dijadwalkan berlangsung selama 6 (enam) minggu. Peserta PKL berjumlah 5 (Lima) orang yang berasal dari Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lancang Kuning. Merujuk pada proposal kegiatan yang disampaikan sebelumnya, kegiatan PKL ini merupakan implementasi teori di perkuliahan pada dunia kerja.

Acara penerimaan mahasiswa PKL ini dilakukan di taman diskusi selulosa pada hari Selasa / 07 Juli 2020 dimulai pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Acara ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan diera new normal. Priyo Kusumedi,S.Hut,MP selaku kepala BP2TSTH menegaskan "Selamat datang dan bergabung dengan institusi kami, seyogyanya magang adalah latihan bekerja maka segera menyesuaikan dengan ritme perilaku dunia pekerjaan" tegasnya. "Akhir kegiatan PKL ini, setiap mahasiswa harus mampu menguasai aspek hulu hingga proses hilirisasi yang terkemas dalam konsep digitalisasi marketing" imbuhnya disela-sela paparan profil BP2TSTH.

Seremonial penyambutan dan pengarahan mahasiswa PKL ini dihadiri oleh seluruh kepala unit dan ketua kelompok penelitian lingkup BP2TSTH. Pada sesi perkenalan dan presentasi singkat oleh peserta PKL Yang diwakili oleh Frans Setiawan menyampaikan "Kami mempunyai angan selama kegiatan PKL untuk mempelajari analisis finansial pada beberapa produk diversifikasi komoditi pelebahan. Namun tidak tertutup kemungkinan pada komoditi lain yang ada di balai ini" ucapnya antusias.

Senada hal tersebut ketua kelompok penelitian teknologi dan pengolahan hasil mengutarakan "pemilihan komoditi sebagai objek kegiatan PKL hendaknya melingkupi kegiatan teknis budidaya, tahap pemrosesan hingga spesifikasi produk yang dihasilkan" ujar Dr. Agus Wahyudi,S.Hut,M.Si. Selain perkenalan, acara ini juga menampilkan produk dan propek pengembangannya yang secara keseluruhan merupakan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) BP2TSTH.

Priyo berharap, magang kali ini fokus pada produk-produk hasil litbang yang sudah ada/membuat inovasi baru dari bahan baku yg ada di litbang kuok. Selain itu, setiap peserta magang membuat program rantai produksi, pengolahan hasil, dan juga pemasaran produknya mulai dari hulu sd hilir.

“Target lainnya yaitu membuat video pendek untuk setiap produk/tema yang dipilih,” tutup Priyo

Pembahasan dilanjutkan pada skema teknis materi PKL, tata waktu pelaksanaan, target output, evaluasi secara periodik hingga etika bekerja. Penyesuaikan silabus ini mengimplementasikan secara sederhana tujuan dari Undang-undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dimana produk hasil litbang lahir untuk menyelesaikan problematika yang ada di masyarakat setelah melalui tahapan pengkajian dan penerapan. Iptek hadir sebagai solusi yang efisien dan aplikatif (ESR).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook