BP2TSTH DAN ITTO GELAR PLANTING CEREMONY ANDALAS

By andhika 18 Mei 2018, 14:20:20 WIBBERITA LITBANG & INNASI

BP2TSTH DAN ITTO GELAR PLANTING CEREMONY ANDALAS

Keterangan Gambar : (dokumentasi : Dodi F, dkk)


Lima Puluh Kota (14/05/2018), Sebagai kelanjutan dari acara workshop bertema “Penguatan Kesadaran Mengenai Penerapan Hukum pada Eksploitasi Tumbuhan Langka” di Ballroom Hotel Pangeran, Pekanbaru pada tanggal 7 Mei 2018, BP2TSTH dan ITTO (International Tropical Timber Organization) menggelar acara Planting Ceremony Andalas di Kelok Sembilan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Bibit yang ditanam sebanyak 58 bibit jenis Andalas.

Andalas merupakan salah satu jenis pohon yang sangat penting yang tumbuh di Sumatera khususnya di Sumatera Barat. Jenis ini juga merupakan maskot Provinsi Sumatera Barat yang sangat terkenal dan memiliki banyak manfaat. Tingginya nilai kayu dari jenis ini telah menyebabkan penurunan terhadap populasi Andalas yang ada di Sumatera Barat. Hal ini dikarenakan penebangan dan pemanfaatan pohon Andalas yang relatif tinggi tanpa diimbangi dengan upaya penanaman ataupun pemeliharaan kembali.

Dalam sambutannya, Kepala BP2TSTH, Mochlis, yang mewakili Kepala Badan Litbang dan Inovasi menyebutkan bahwa Badan Litbang dan Inovasi bekerja sama dengan ITTO terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan kontribusi dalam upaya pelestarian dan rehabilitasi jenis Andalas. Berkenaan hal ini, Badan Litbang dan Inovasi tentunya akan mengambil peran dalam penyediaan data/informasi, serta IPTEK yang dibutuhkan dalam upaya konservasi jenis Andalas.

Acara Planting ceremony dibuka oleh Sekretaris Daerah, Taufik Hidayat, yang mewakili Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota dengan penandatangan  prasasti yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit Andalas. Selain itu, di lokasi penanaman terdapat pula papan informasi jenis andalas sebagai sarana edukasi masyarakat yang berkunjung ke lokasi tersebut.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Sumatera Barat Erli Sukrismanto, Kepala Dinas Pariwisata dan Olah Raga Kabupaten Lima Puluh Kota Nengsih, Kepala Balai Litbang LHK Palembang Tabroni, Kepala Balai PDASHL Agam-Kuantan Nursidah, hingga Kepala Bagian Bidang Perencanaan Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup (P3ES) Laura Paulina B.MA dan perwakilan BPDASHL Indragiri-Rokan. (KDR)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Agen Bola Sbobet

    Very interesting blog. Alot of blogs I see these days don't really provide ...

    View Article
  • Nooc

    <script type="text/javascript" ...

    View Article
  • Sewa Mobil Surabaya

    terima kasih informasinya admin hangat dan menarik :) ditunggu info info selanjutnya ...

    View Article
  • distributor peralatan laboratorium

    Menanamkan hal-hal baik memang harus dimullai sejak kecil, sehingga kelak ketika dewasa ...

    View Article