BP2TSTH GANDENG KANREG XII BKN UNTUK MENSOSIALISASIKAN E-KINERJA

By andhika 14 Jun 2017, 14:07:03 WIBBERITA LITBANG & INNASI

BP2TSTH GANDENG KANREG XII BKN UNTUK MENSOSIALISASIKAN E-KINERJA

Keterangan Gambar :


BP2TSTH Kuok (9/6/2017)_Dalam upaya meningkatkan kinerja ASN di Lingkup Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) dan memudahkan dalam penilaian dan pengawasan terhadap kinerja pegawai, maka BP2TSTH menyelenggarakan  pembinaan pegawai dan sosialisasi penerapan e-KINERJA Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  yang akan dimulai penerapannya pada Tahun 2017 ini.

Kepala BP2TSTH, Ir. R. Gunawan Hadi Rahmanto, M.Si  menyampaikan materi  pembinaan pegawai dan memberikan sosialisasi penerapan e-KINERJA didampingi narasumber dari Kantor Regional XII BKN Pekanbaru. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 1 hari yaitu tanggal 9 Juni 2017, kegiatan ini  diikuti oleh seluruh PNS BP2TSTH.

“Tujuan penerapan E-KINERJA adalah E-Kinerja dapat dijadikan alat ukur yang obyektif dan transparan  bagi pegawai, pejabat penilai dan tim penilai kerja pegawai dalam  pengambilan keputusan. E-KINERJA juga dapat dijadikan sebagai pedoman pembayaran tunjangan kinerja yang semula berdasarkan atas kehadiran pegawai, kedepan akan dibayarkan berdasarkan capaian kinerja pegawai per bulannya” jelas Gunawan.

“E-KINERJA dapat diakses melalui PC, Laptop ataupun android. Webbase e-KINERJA Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu ekinerja.menlhk.go.id. Setiap pegawai diwajibkan  untuk  mengisi kegiatan tahunan sesuai dengan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) pada aplikasi ini. Kegiatan Tahunan kemudian di breakdown menjadi kegiatan bulanan dan harian. Tugas masing-masing pegawai adalah mengisi kegiatan harian sesuai dengan tugas yang dikerjakan pada hari tersebut. Secara lengkap dapat dilihat pada Webbase” tambah Yuhazmi Dartius, S.Kom., narasumber dari  Kantor Regional XII BKN Pekanbaru.

“Aplikasi ini dikembangkan untuk memudahkan aparatur dalam menginput kegiatan/pekerjaan dan membuat Laporan Pekerjaan (Look Book). Disamping itu aplikasi ini diharapkan mampu menjadi salah satu instrumen pendukung bagi pimpinan dalam mengambil keputusan terkait kinerja pegawai, unit dan satuan kerja” imbuh Yuhazmi.

Dengan penerapan sistem ini, kelak tidak ada lagi pegawai yang tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Sebelum masuk kantor, setiap pegawai harus memiliki target harian. “Ketika masuk kantor, mereka harus tahu akan berbuat apa, untuk apa, dan berapa banyak, sehingga diharapkan kinerja Balai pada akhirnya dapat ditingkatkan untuk memberikan pelayanan publik ke masyarakat” Pungkas Gunawan. (DR)

(Dokumentasi: Dardi Sutomo)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment