Koleksi Bibit Dari Berbagai Provenans Sebagai Upaya Pengkayaan Jenis Tanaman di KHDTK Kepau Jaya

By andhika 13 Apr 2018, 17:17:34 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Koleksi Bibit Dari Berbagai Provenans Sebagai Upaya Pengkayaan Jenis Tanaman di KHDTK Kepau Jaya

Keterangan Gambar :


Kuok (11/04/2018) Dalam rangka kegiatan pengembangan tanaman jenis-jenis potensial di lahan gambut, tim peneliti dan teknisi dari BP2TSTH melakukan kunjungan ke PT. Arara Abadi, Perawang, Siak pada akhir Maret 2018.

Meranti jenis balangeran (Shorea balangeran Burck) merupakan salah satu tanaman yang terbukti mampu tumbuh baik di lahan rawa dan berpotensi sebagai tanaman industri. PT. Arara Abadi telah melakukan penanaman meranti jenis balangeran sejak enam tahun yang lalu dan kegiatan eksplorasi jenis tersebut ke beberapa wilayah lain di nusantara masih berlanjut, terutama di Pulau Kalimantan.

Pada kunjungan pertama ini, tim dari BP2TSTH diterima oleh Bambang Herdyantara, senior researcher dari divisi R&D PT. Arara Abadi, yang juga menjelaskan tentang metode dan prosedur pembibitan yang mereka lakukan di persemaian. Tim dari BP2TSTH juga diajak melihat areal persemaian meranti jenis balangeran yang sebagian sudah berbuah. Pihak R&D juga mempersilahkan tim dari BP2TSTH untuk mengkoleksi buah meranti dari persemaian tersebut sebagai bibit koleksi. Tawaran dari pihak R&D tersebut, ditindak lanjuti oleh tim dari BP2TSTH dengan kunjungan kedua pada awal April 2018 saat sebagian besar meranti jenis balangeran di persemaian telah berbuah.

Nantinya, berbagai jenis tanaman potensial lahan gambut, termasuk yang diperoleh dari PT. Arara Abadi tersebut akan ditanam di Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Kepau Jaya, Kampar untuk tujuan pengkayaan jenis. KHDTK Kepau Jaya merupakan areal hutan untuk penelitian dan pengembangan yang dimiliki oleh BP2TSTH.

Selain meranti, pihak R&D PT Arara Abadi juga mengkoleksi bibit gaharu (Aquilaria mallacensis), tumih (Combretocarpus rotundatus), ramin (Gonystylus bancanus), geronggang (Cratoxylon arborescens Blume), tembesu (Fagraea fragrans) dan terentang  (Campnosperma auriculata) yang juga disediakan bagi masyarakat yang ingin melakukan penanaman.

Dengan memiliki koleksi tanaman potensial di lahan gambut dari berbagai provenans, diharapkan BP2TSTH dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat di masa mendatang. **HK/SW



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • jual kacang bangkok

    semoga siwa siswi yang magang bisa menjadi lulusan yang terbaik ...

    View Article
  • jual kacang thailand

    setuju, anak2 harus diajarkan tentang kepedulian lingkungan dari yang paling sederhana, ...

    View Article
  • watu gajah park

    go green,,, info bermanfaat sekali, terimakasih ...

    View Article
  • Pakar SEO

    Terima Kasih Info Yang bermanfaatnya Mas... semoga makin rame dan sukses selalu :) ...

    View Article