KULIM IMBO PUTUI RAIH SERTIFIKAT SUMBER BENIH

By andhika 22 Nov 2017, 08:56:58 WIBBERITA LITBANG & INNASI

KULIM IMBO PUTUI RAIH SERTIFIKAT SUMBER BENIH

Keterangan Gambar :


(Petapahan, 15/11/2017) Dalam rangka menjaga kelestarian ekosistem hutan, BP2TSTH Kuok bekerja sama dengan pilot project ITTO PD 710/13 Rev.1 (F) : Promoting Conservation of Selected High Value Indigenous Spesies of Sumatera melakukan pelestarian jenis-jenis tanaman native spesies endemik Sumatera dengan jenis Kulim. Wujud dari upaya pelestarian tersebut adalah dengan melakukan pembuatan sumber benih Kulim yang bertempat di hutan adat Imbo Putui, Desa Petapahan. Pemilihan lokasi sumber benih ini didasari atas hasil survey dan inventarisasi yang telah dilakukan oleh tim di berbagai lokasi di pulau Sumatera sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.

Imbo Putui merupakan hutan adat dengan luas sekitar 270 hektar. Hutan adat sudah ada sejak 1.300 tahun silam. Banyak yang tersembunyi di hutan adat dengan keberagaman flora dan fauna seperti harimau, beruang, tapir dan burung enggang. Menurut data yang ada, kurang lebih 60 jenis pepohonan hidup dihutan ini, dan sudah terdeteksi jenisnya ada 57 jenis. Seperti kempas, kelat, sondu, pasak bumi, ara, kulim dan meranti merah

Sertifikat sumber benih kelas Tegakan Benih Teridentifikasi (TBT) diserahkan secara langsung oleh Kepala BP2TSTH Kuok kepada masyarakat adat Desa Petapahan, yang diwakili oleh Drs. Chaidir Muluk, M.Si. selaku pucuk adat Desa Petapahan di aula kantor Desa Petapahan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Petapahan, Abdul Cholil, Para tetua Adat Masyarakat Desa Petapahan, aparat pamong Desa Petapahan, serta perwakilan masyarakat Desa Petapahan lainnya (RT/RW).

"Perjuangan untuk mendapatkan sertifikat ini tidaklah singkat dan gampang, namun karena kesabaran dan kegigihan dari para fasilitator maka akhirnya kami bisa mendapatkannya." Sambut Abdul Cholil.

"Penting untuk terus menggali potensi yang ada di hutan adat Imbo Putui agar kelestariannya tetap terjaga dan kesejahteraan masyarakat juga turut meningkat", tambah Chaidir.

Adanya jenis-jenis yang terancam punah di dalam hutan adat Imbo Putui menunjukkan bahwa biodiversitas hutan adat Imbo Putui masih terjaga dengan baik.

"Sertifikasi ini adalah salah satu cara untuk memanfaatkan hutan secara bijak dan lestari, yang tentunya perlu adanya dukungan dari kegiatan atau program-program lainnya, terutama terkait pembangunan ekonomi masyarakat desa", ujar Mochlis, kepala BP2TSTH Kuok.

Pasca terbitnya sertifikat dari BPTH Wilayah I ini, BP2TSTH yang merupakan UPT Badan Litbang dan Inovasi Kementerian LHK akan selalu membantu mempromosikan dan melakukan pendampingan yang diperlukan untuk ke depannya.

"Kami sangat mengapresiasi sambutan dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat Desa Petapahan secara umum,terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Desa Petapaha, semoga hubungan yang telah terbina baik ini dapat terus berjalan melalui kegiatan-kegiatan lainnya," tutup Eka Noviyanti, selaku project coordinator.

Puncak acara adalah penyerahan sertifikat dari Kepala BP2TSTH kepada Masyarakat adat Desa Petapahan, dan penyerahan penghargaan dari Masyarakat Adat Desa Petapahan kepada Kepala BP2TSTH yang telah melakukan fasilitasi hingga diperolehnya sertifikat sumber benih kulim di hutan adat Imbo Putui, Desa Petapahan. (HK/ASY)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Jasa Pembuatan Website 30 Nov 2017, 07:08:35 WIB

    Keren, semoga sertifikatnya bermanfaat. :)

    Hery 03 Des 2017, 13:12:29 WIB

    Aamiin...

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • loemrntdherid1

    Your article is very interesting and fantastic, at the same time the theme is unique ...

    View Article
  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • jajaran jasa seo

    Good to know that... I love your site very much. ...

    View Article
  • hamil

    Situs ini emang keren sekali. Pengunjungnya juga banyak. ...

    View Article