Peduli dan Berbuat, Koperasi BP2TSTH Donasi Masker Guna Cegah Penyebaran Covid 19 di Kuok
Menggandeng Koperasi Karyawan “Rimba Raya” untuk membagikan masker.

By Sutomo Dardi 06 Mei 2020, 13:26:33 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Peduli dan Berbuat, Koperasi BP2TSTH Donasi Masker Guna Cegah Penyebaran Covid 19 di Kuok

Keterangan Gambar : Kegiatan Pembagian Masker


Kuok (05/05), Selasa adalah hari yang padat aktifitas bagi masyarakat di Desa Kuok, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar yang merupakan lokasi keberadaan Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH). Hal tersebut dikarenakan bertemunya penjual dan pembeli di pasar tradisional sehari dalam tiap minggunya. Kondisi ini tentunya menjadi kekhawatiran tersendiri dalam situasi adanya pandemic global covid 19.

Berlatar belakang kondisi sosial tersebut, koperasi karyawan BP2TSTH “Rimba Raya” bergerak untuk mendonasikan masker kain kepada masyarakat. Secara teknis, kegiatan ini dilakukan dengan langsung mendatangi pasar dan membagikan masker kain pada Selasa (05 Mei 2020). Turut menyertai aksi peduli ini Kepala Seksi Data Informasi dan Sarana Penelitian, Agus Yanto,SH, “Aksi peduli ini patut kita apresiasi dan didukung penuh guna membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana nasional non alam” imbuhnya. Kemudian ia menuturkan “cukup menggugah apa yang dilakukan oleh pengurus koperasi rimba raya ini, kita bisa lihat masih banyaknya masyarakat yang belum menggunakan masker dan menjaga jarak disaat berinteraksi. Kita berharap dengan aksi ini, masyarakat akan lebih mawas dengan penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut “ tuturnya di pintu masuk Pasar Kuok.

Disisi lain, terlihat Ketua dan beberapa Pengurus Koperasi Rimba Raya yang turut hadir menyambangi para penjual dan pengunjung pasar. Dikonfirmasi, Andi Mandala Putra menyatakan “aksi sosial ini merupakan sumbangsih ide dan donasi dari anggota koperasi guna mempercepat penurunan kurva penyebaran covid 19 khususnya di kabupaten Kampar” ucapnya. “Kegiatan ini masih akan berlangsung beberapa kali lagi, tahap awal menyasar masyarakat umum melalui pembagian masker kain sebanyak 300 buah dan selanjutnya kita akan donasikan paket suplemen gizi serta perlengkapan yang dibutuhkan oleh tenaga medis di Puskesmas Kecamatan Kuok” ujarnya merinci.

Dikutip dari laman resmi Kabupaten Kampar, per tanggal 05 mei 2020 pukul 08.00 WIB, tengah berjalan proses pemantauan terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 652 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 27 orang sedangkan Orang Berstatus Postive Covid 19 berjumlah 3 orang yang telah pulanng dalam keadaan sembuh.

Dari pantauan terlihat antusiasme pengunjung dan penjual dalam aksi sosial tersebut. Salah seorang penerima donasi mengucapkan “terimakasih atas kepedulian bapak dan ibu semua namun mohon ditambahkan lagi jumlah masker yang dibagikan agar lebih banyak masyarakat yang memperolehnya” ucapnya tanpa mau menyebutkan identitas saat dikonfirmasi. Secara teknis aksi sosial ini dilakukan dengan mendatangi penjual dan atau pembeli di pasar kuok yang tidak menggunakan masker. Sebelumnya masyarakat ini diedukasi mengenai cara penularan covid 19 dan upaya pencegahannya. Selain itu, disampaikan juga untuk memanfaatkan sarana handwasher station yang tersedia di pintu masuk pasar yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Kampar. Aksi sosial ini adalah bentuk ikhtiar kita dalam upaya menjaga diri dan keluarga untuk terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus yang masih belum ditemukan vaksinnya ini. Semoga pandemic global ini segera berlalu dan kita dapat menjalankan aktifitas dalam bingkai kehidupan sosial yang normal (ESR).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook