PEDULI LINGKUNGAN MELALUI WISATA ILMIAH DI BP2TSTH KUOK

By andhika 27 Mar 2018, 15:23:00 WIBBERITA LITBANG & INNASI

PEDULI LINGKUNGAN MELALUI WISATA ILMIAH DI BP2TSTH KUOK

Keterangan Gambar :


Kuok (25/03/2018) Pengenalan lingkungan sejak usia dini sangat diperlukan guna mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran dalam melestarikan lingkungan hidup, maka pada Sabtu (24/3) BP2TSTH Kuok bekerjasama dengan SD Muhammadiyah 019 Bangkinang mengadakan kegiatan wisata ilmiah : Outdoor Learning and Family Gathering di kampus BP2TSTH Kuok. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pegawai BP2TSTH Kuok dan diikuti oleh 242 orang meliputi guru pendamping, siswa-siswi kelas 3, serta orang tua wali murid rombongan dari SD Muhammadiyah 019 Bangkinang.

Sebagai tuan rumah, BP2TSTH Kuok menyambut baik kegiatan ini. Pada acara yang dibuka dengan pengenalan BP2TSTH Kuok oleh Kepala Seksi Data Informasi dan Sarana Penelitian, Agus Yanto, SH., mengatakan “Proses belajar mengajar terutama terkait pentingnya menjaga lingkungan seharusnya tidak hanya berupa pemberian materi di kelas saja, tetapi juga praktek langsung di lapangan, ini penting dilakukan untuk menumbuhkan pemahaman dan rasa kecintaan terhadap lingkungan sejak masih usia anak-anak”.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala BP2TSTH Kuok, Mochlis, S.Hut., M.P., berharap kedepannya seluruh warga sekolah dapat berpartisipasi aktif dan langsung dalam melestarikan dan menjaga lingkungan hidup di sekolah maupun di daerah sekitarnya, sehingga tercipta kondisi yang baik bagi keberlangsungan kegiatan pembelajaran dan penyadaran warga sekolah akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan beberapa kegiatan outdoor learning seperti belajar membuat kertas seni, menanam bibit pohon, membedakan sampah organik dan anorganik, serta mengenal proses produksi madu di alam. Sementara itu, kegiatan family gathering diisi dengan berbagai permainan yang melibatkan siswa-siswi serta orang tuanya. Untuk menambah antusias anak-anak, panitia menyediakan door prize di setiap kegiatan yang diberikan kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pembimbing dari BP2TSTH Kuok.

Cuaca mendung sepanjang hari tidak melunturkan semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan yang telah dikemas secara santai dan menarik. Kegiatan di akhiri dengan aksi simbolis cap lima jari tangan dari para peserta sebagai bentuk komitmen bersama untuk menjaga lingkungan.

Kegiatan wisata ilmiah yang mengusung tema peduli lingkungan ini merupakan salah satu wujud nyata BP2TSTH Kuok dalam menanamkan pembelajaran lingkungan kepada anak-anak. Diharapkan, anak-anak tersebut akan membawa pesan dan kesan dari kegiatan ini hingga mereka dewasa nanti.

**SW/AS/AY

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Cruyff 25 Apr 2018, 11:24:09 WIB

    Wow mantap...Seronoknya...(Upin Ipin CakaP)

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • jual kacang bangkok

    semoga siwa siswi yang magang bisa menjadi lulusan yang terbaik ...

    View Article
  • jual kacang thailand

    setuju, anak2 harus diajarkan tentang kepedulian lingkungan dari yang paling sederhana, ...

    View Article
  • watu gajah park

    go green,,, info bermanfaat sekali, terimakasih ...

    View Article
  • Pakar SEO

    Terima Kasih Info Yang bermanfaatnya Mas... semoga makin rame dan sukses selalu :) ...

    View Article