Pembangunan Ecobee Park, BP2TSTH Gandeng Bank BNI
Pembangunan Ecobee Park, BP2TSTH Gandeng Bank BNI

By Sutomo Dardi 07 Des 2019, 06:53:39 WIBBERITA LITBANG & INNASI

Pembangunan Ecobee Park, BP2TSTH Gandeng Bank BNI

Keterangan Gambar :


Kuok -- Pimpinan cabang BNI Bangkinang beserta rombongan melakukan kunjungan ke Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) Kuok dalam rangka menindaklanjuti Proposal Kerjasama terkait Konservasi dan Revitalisasi Habitat Arboretum Sebagai Sarana Pembelajaran Lebah Madu di Lingkungan Kantor BP2TSTH Kuok. Rombongan disambut oleh Kepala BP2TSTH Kuok beserta tim peneliti perlebahan.

Priyo Kusumedi, S.Hut., M.P. selaku kepala BP2TSTH menyambut kedatangan rombongan sekaligus menjelaskan kondisi terkini lokasi yang akan dikerjasamakan. “Arboretum BP2TSTH memiliki koleksi beraneka ragam jenis tanaman kehutanan dengan luas + 9 Ha yang dapat dijadikan sebagai sumber pakan lebah penghasil madu seperti Trigona spp, Apis cerana maupun Apis mellifera,” ujar Priyo.

Arboretum merupakan tempat tumbuh berbagai pohon yang telah ditanam dan dikembangbiakkan dengan tujuan untuk kegiatan penelitian maupun pendidikan. Selain itu, arboretum memiliki kegunaan sebagai tempat untuk mengoleksi berbagai jenis pohon. Arboretum sangat layak untuk dijadikan obyek wisata edukatif karena selain memiliki nilai estetika dan keindahan, di dalamnya terdapat beraneka ragam jenis flora maupun fauna untuk dijadikan obyek penelitian. Di perkotaan, arboretum dapat dijadikan sebagai solusi pemenuhan ruang terbuka hijau, konservasi keanekaragaman hayati.

“Tujuan dari kerjasama ini antara lain untuk mengembangkan kegiatan rehabilitasi dan konservasi arboretum sebagai habitat ideal untuk perkembangan lebah dalam bentuk taman yang berkonsep ecobee park serta untuk mengembangkan kegiatan perlebahan dengan merevitalisasi tiga jenis lebah (A. cerana, A. mellifera, dan Trigona itama)” tambah Priyo.

Diskusi santai membahas proposal dilakukan di Taman Diskusi Selulosa BP2TSTH Kuok. Novan Dewa Nandi, selaku Pimpinan Cabang BNI Bangkinang menyambut baik kerjasama yang akan dijalin ini dan berharap kerjasama ini dapat terealisasi di tahun 2020 mendatang.

“Ke depannya, ecobee park ini sangat berguna sebagai sarana edukasi lebah madu baik yang bersengat maupun tidak bersengat bagi mahasiswa, pelajar dan petani, selain itu bisa dimanfaatkan sebagai sarana wisata bagi masyarakat Riau yang sangat haus objek wisata,” ucap Novan.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan Terbentuknya sarana, prasarana, dan lingkungan yang mendukung bagi perkembangan lebah A. cerana, A. mellifera, dan Trigona itama di arboretum BP2TSTH Kuok.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook