PENELITI BP2TSTH LAKUKAN PENELITIAN UJI KETAHANAN GERONGGANG TERHADAP GENANGAN

By andhika 17 Mei 2018, 13:36:59 WIBBERITA LITBANG & INNASI

PENELITI BP2TSTH LAKUKAN PENELITIAN UJI KETAHANAN GERONGGANG TERHADAP GENANGAN

Keterangan Gambar : (Dokumentasi : Ahmad Junaedi)


Kuok, (17/5/2018) Lahan dan hutan gambut masih konsisten menjadi lokus timbulnya isu lingkungan. Isu global seperti peningkatan emisi karbon, serta isu lokal yang menyeret ke isu regional berupa kebakaran hutan dan lahan yang berbuah bencana kabut asap kerap dihubungkan dengan hutan dan lahan gambut.  Hal ini tak pelak, melecut banyak institusi atau berbagai pihak untuk berkolaborasi mengurusi permasalahan dan isu yang ditimbulkan lahan dan hutan gambut ini.

Bagian dari pengurusan lahan gambut ini adalah memulihkan begitu luasnya lahan gambut yang telah mengalami degradasi dan deforestasi. Restorasi gambut atau pemulihan lahan gambut ke kondisi asal menjadi istilah yang seakan sering terdengar dan sudah tak asing di telinga.

Dari luasan lahan gambut di Indonesia yang lebih dari 20 juta ha, tidak kurang setengahnya telah rusak dan hancur, dan menyisakan perkerjaan mega besar yang harus dihadapi. Pekerjaan merestorasi gambut penuh dengan tantangan. Bahkan, seandainya tidak semua lahan gambut yang rusak tersebut direstorasi, tantangan yang dihadapi akan tetap besar.

Karena secara alamiah lahan atau hutan rawa gambut adalah tergenang, maka salah satu upaya restorasi hutan rawa gambut dan sekaligus merupakan usaha pencegahan kebakaran adalah dengan pembuatan kanal blok. Nampaknya, aktivitas ini telah berhasil mencegah terjadinya kebakaran hutan/lahan. Namun, tidak cukup berhenti sampai di situ. Upaya penanaman jenis-jenis lokal yang tahan genangan harus menjadi prioritas karena lahan dan hutan rawa gambut bukan kolam air atau pun sekedar rawa, tetapi di dalamnya harus ada tegakan/pohon sebagai salah satu identitas utamanya.

Geronggang (Cratoxylum arborescens) adalah salah satu jenis pohon lokal (native species) ekosistem lahan/hutan rawa gambut yang dari sisi pertumbuhan dan kegunaannya potensial dikembangkan di lahan/hutan gambut. Pohon ini bisa mencapai riap tinggi 2 meter/tahun dan riap diameter 2 cm/tahun.  Kayu geronggang dapat digunakan sebagai bahan bangunan (papan), pulp/kertas, dll. Hasil penelitian di Malaysia mengindikasikan kulitnya bisa digunakan sebagai bahan obat kanker. Namun, masih terdapat pertanyaan mengenai kesesuaian jenis ini untuk ditanam pada kondisi tergenang. Penelitian yang dilakukan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (BPK)  Banjarbaru menunjukkan bahwa jenis pohon ini relatif tidak tahan genangan. Namun, Peneliti Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH) menemukan geronggang yang tumbuh baik di KHDTK Kepau Jaya Riau yang mengalami genangan temporal.

Menindaklanjuti ketidakkonsistenan informasi kesesuaian geronggang untuk dikembangkan di lahan gambut tergenang, maka peneliti BP2TSTH melakukan penelitian “uji ketahanan geronggang terhadap genangan”. Hasil sementara dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti BP2TSTH di tingkat laboratorium  menunjukkan bahwa 90% tanaman geronggang tidak tahan genangan. Namun, yang menarik adalah ditemukannya 10% tanaman yang tahan terhadap genangan dan menunjukkan respon adaptasi yang menjanjikan berupa terbentuknya akar nafas. Hasil sementara ini akan terus ditindaklanjuti oleh tim Peneliti BP2TSTH sehingga harapan akhirnya adalah ditemukannya bibit geronggang yang benar-benar terbukti tahan genangan dan bisa dikembangkan untuk rehabilitasi lahan dan hutan gambut. (AJ/KDR)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Agen Bola Sbobet

    Very interesting blog. Alot of blogs I see these days don't really provide ...

    View Article
  • Nooc

    <script type="text/javascript" ...

    View Article
  • Sewa Mobil Surabaya

    terima kasih informasinya admin hangat dan menarik :) ditunggu info info selanjutnya ...

    View Article
  • distributor peralatan laboratorium

    Menanamkan hal-hal baik memang harus dimullai sejak kecil, sehingga kelak ketika dewasa ...

    View Article