Sinergikan Pemanfaatan KHDTK Kepau Jaya, BP2TSTH Kuok dan BPDAS Inrok Perpanjang Kerjasama

By Sutomo Dardi 30 Sep 2020, 22:12:18 WIBKERJASAMA

Sinergikan Pemanfaatan KHDTK Kepau Jaya, BP2TSTH Kuok dan BPDAS Inrok Perpanjang Kerjasama

Keterangan Gambar : Tandatangani Perjanjian Kerjasama : kepala BP2TSTH Priyo Kusumedi, S.Hut, MP (kanan) dan Kepala BPDAS InRok Ir. Tri Esti Indrarwati, M.Si. (kiri)


FORDA (September 20)_Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan (BP2TSTH)  kembali memperpanjang kesepakatan kegiatan bersama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Indragiri – Rokan (BPDAS InRok). Kesepakatan ini dituangkan dalam bentuk dokumen perjanjian yang ditandatangani oleh masing-masing kepala kantor pada Selasa, 29 September 2020 di Kantor BPDAS InRok - Pekanbaru. Kegiatan bersama ini melingkupi pengelolaan persemaian permanen di areal Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Kepau Jaya.

Penandatanganan ini merupakan bentuk legitimasi tim teknis yang berkegiatan di areal KHDTK Kepau Jaya. KHDTK Kepau Jaya merupakan areal yang diamanahkan pengelolaannya oleh Menteri LHK untuk dikelola dan dimanfaatan sebagai sarana prasana kegiatan penelitian, pengembangan dan pendidikan. Lokasi KHDTK ini berada di Desa Kepau Kaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Secara akses akan mudah ditempuh melalui jalur dari dari kota Pekanbaru selama 40 menit.

Pada kesempatan ini hadir menyaksikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPDAS InRok, manajer persemaian permanen BPDAS InRok dan Plt Kepala Seksi Program, Evaluasi dan Kerjasama BP2TSTH. Selaku Kepala BP2TSTH, Priyo Kusumedi,S.Hut,MP menyampaikan beberapa catatan penting dan evaluasi dari kegiatan kerjasama periode waktu yang terlewati. “Pengelolaan persemaian permanen yang telah berjalan semenjak tahun 2000an ini seyogya berperan sebagai stimulan untuk kegiatan teknis lain antara BP2TSTH dengan BPDAS Inrok. Kegiatan konkrit berikutnya dapat kita inisiasi dengan melakukan kegiatan rehabilitasi lahan yang ada di areal KHDTK,”uUngkapnya.

“Kegiatan kerjasama ini tentunya dalam skema kolaboratif yang mana akan saling mengisi satu sama lain. Hal tersebut dengan pertimbangan keterbatasan anggaran dan SDM sebagai eksekutor namun kami punya landasan teori yang kuat terkait karakteristik lahan dan kajian komprehensif di KHDTK Kepau Jaya,”tambah Priyo melengkapi.

Menanggapi hal tersebut, Ir. Tri Esti Indrarwati, M.Si. selaku Kepala BPDAS InRok menjelaskan perjanjian kegiatan sama ini tentunya dapat direvisi terkait lingkup kerjasama yang akan diperkaya dimasa yang akan dating. “Pengelolaan persemaian permanen selama periode kerjasama yang lalu kami menggandeng pihak pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Benih Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Merujuk pada kondisi tersebut tentunya sangat dimungkinkan untuk dilakukan kerjasama lain yang mengkolaborasikan potensi dari masing-masing pihak,”ujar Esti.

Keberadaan persemaian permanen di KHDTK Kepau Jaya ini merupakan supporting system program KHLK dalam hal ini Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL). Kegiatan rehabilitasi lahan dan penambahan tutupan lahan ini dikampanyekan secara masif melalui program ABG (Ambil Bibit Gratis).

Disela-sela penandatanganan Perjanjian Kegiatan Bersama ini, Farika Dian Nuralexa,S.Hut selaku Plt Kepala Seksi Program, Evalasi dan Kerjasama BP2TSTH memaparkan beberapa potensi gangguan di areal KHDTK Kepau Jaya. “Melalui Perjanjian Kegiatan Bersama ini, secara institusi kami terbantu dalam melakukan aksi pengelolaan dan pemanfaatan di areal KHDTK Kepau Jaya. Keterkaitan resolusi dalam meminimalisir potensi ancaman dan gangguan di KHDTK tentunya dapat teratasi dengan komitmen bersama dan komunikasi yang intensif. Pola-pola kemitraan melalui skema pemberdayaan masyarakat di sekitar KHDTK nantinya dapat menjadi salah satu opsi resolusi konflik” ungkap Farika merinci.

Pelaksanaan kegiatan bersama ini pada periode berlalu telah memberi dampak positif bagi para pihak yang berkegiatan di KHDTK Kepau Jaya. Beragam output dan outcome substansi juga dihasilkan dari kegiatan bersama ini. Beragam upaya dan kreasi teknis terus menerus dilakukan sebagai upaya untuk memulihkan kondisi lahan KHDTK Kepau Jaya yang saat ini telah berubah fungsi maupun tutupan lahannya. KHDK sebagai fasilitas kegiatan litbang dan diklat sejati merupakan areal bermain dari beragam rumpun fungsional dalam menelurkan rekomendasi dan kebijakan berbasis kajian. ***ESR



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook